Senin, 16 Agustus 2010

Antara Koperasi dan Sosialisme

Koperasi yang menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 adalah merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan rakyat(1). Kalau di Indonesia bapak koperasi-nya adalah Mohammad Hatta, seorang yang berasal dari keluarga kaya raya tetapi gaya hidupnya tidaklah mencolok, beliau dikenal sebagai pribadi yang "jujur, Santun dan Sederhana (2), beliaulah bapak proklamator kita bersama presiden pertama kita ir. Soekarno. Maka tahukah Anda siapakah bapak gerakan koperasi?
Ternyata "Bapak" gerakan koperasi adalah Robert Owen. Seorang pemikir utama sosialisme utopis yang lahir di Newton, Powys, Montgomeryshire, Wales, 14 Mei 1771 dan meninggal 17 November 1858 pada umur 87 tahun. Seorang pelaku bisnis yang memberikan banyak laba untuk kesejahteraan hidup karyawannya. Kontribusi utama Owen ke pikiran sosialis adalah pandangan yang dimana perilaku sosial manusia tidaklah tetap atau absolut, dan manusia itu mempunyai kemampuan bebas untuk mengorganisir diri mereka ke dalam segala bentuk masyarakat yang mereka inginkan(3).
Disini yang menarik bagi saya adalah apa yang disebut dengan Sosialisme Utopis? Sosialisme Utopis atau Sosialisme Utopia adalah sebuah istilah untuk mendefinisikan awal mula pemikiran sisialisme modern. Istilah Sosialisme Utopis awalnya diperkenalkan oleh Karl Marx dan kemudian digunakan oleh pemikir-pemikir sosilais setelahnya, untuk menggambarkan awal kaum sosialis intelektual yang menciptakan hipotesis masa datang dari penganut paham egalitarian dan masyarakat komunal tanpa semata-mata memperhatikan diri mereka sendiri dengan suatu cara dimana komunitas masyarakat seperti itu bisa diciptakan atau diperjuangkan(4).

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar